Jual Suku Cadang dan Spare Part Alat Berat  »  Cara Mudah Merawat Wiper Yang Terpasang Pada Cabin Unit

Cara Mudah Merawat Wiper Yang Terpasang Pada Cabin Unit

Wiper yang terpasang pada cabin unit mempunyai fungsi sebagai penyapu air hujan. Sebelum membahas cara perawatan wiper, terlebi dahulu harus mengetahui bagian-bagian wiper beserta fungsinya. Secara umum bagian-bagian wiper dan fungsinya adalah sebagai berikut:

1.     Karet wiper berfungsi menyapu air yang jatuh di permukaan kaca.

2.     Graphite merupakan lapisan bahan kimia yang terdapat pada karet wiper untuk menjaga elastisitas karet wiper.

3.     Stand wiper adalah penyangga wiper pada saat tidak digunakan yang befungsi seagai pelindung wiper dari debu dan kotoran agar tidak menumpuk di wiper yang dapat menyebabkan kotor pada karet wiper.

4.     Poros engkol wiper merupakan sendi yang mengatur pergerakan wiper agar dapat menyapu air yang jatuh ke permukaan kaca.

5.     Air wiper berfungsi sebagai pelumas pada saat wiper menyapu air agar permukaan kaca tidak buram.


Setelah mengetahui bagian wiper, berikut adalah cara mudah merawat wiper agar tetap awet:

  1. Hal pertama yang harus dilakukan sebelum melakukan perawatan wiper adalah, periksa kondisi karet wiper dengan teliti. Jika sudah terlihat kurang baik atau getas, sebaiknya diganti dengan yang baru. Karena menggunakan wiper  dengan karet yang sudah getas akan menimbulkan kerusakan pada permukaan kaca.
  2. Bersihkan ujung karet wiper dengan menggunakan kanebo basah, dan jangan mengelap sisi pinggiran karet wiper. Karena pada pinggiran karet wiper terdapat graphite yang berguna untuk menjaga elastisitas karet.
  3. Angkat wiper ketika tidak di gunakan dengan menggunakan stand atau yang biasa di sebut penyangga wiper agar mencegah kotoran melekat pada ujung karet wiper ketika wiper tidak di gunakan.
  4. Periksa poros engkol wiper dimana sendi wiper berada, dan semprotkan cairan 4wd secara berkala untuk menjaga kelancaran bergeraknya sendi wiper.
  5. Tidak perlu membeli air khusus wiper yang di jual di pasaran karena terkadang air yang di jual itu mengandung asam yang dapat mengendap di tangki wiper sehingga beresiko menyumbat aliran semprotan wiper. Cukup gunakan air yang di campur dengan shampoo untuk mengisi tangki wiper kendaraan anda.
  6. Atur arah semprotan wiper ke arah bagian dimana wiper akan menyapu air. Kalau lubang semprotan dan arah sapu air tidak sesuai maka akan menimbulkan buram pada permukaan kaca. Dan jika lubang semprotan macet, anda bisa menggunakan jarum atau peniti untuk melancarkan semprotan air pada wiper.